Kaidah mencinta Islamtine

September 3, 2010

Tatkala manusia mengucapkan Bismillahirohmanirohim, tiada hal yang sangat menakjubkan terjadi dalam sebuah proses kehidupan secara langsung, namun ketika makna dari Bismillahirohmanirohim itu diberlakukan maka bergemalah seluruh alam semesta.
Dengan Menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, sebuah permaknaan dari melakukan segala sesuatu perbuatan dengan berlandaskan dengan ajaran Kasih dan sayang-NYA Allah. Lihatlah, betapa Allah ini sangat pengasih dan penyayang! Para penjahat yang sudah melakukan segala macam kejahatan nomor wahid masih kita bisa melihatnya mereka hidup dan diberi nikmat udara segar yang sama seperti para orang baik. Lihatlah ulat yang memakan dedaunan itu habis, Allah tetep mengizinkan mereka berkembangbiak di tumbuhan itu tanpa dipungut bayaran. Lihatlah berapa banyak hal lain diluar sana yang bisa kita lihat dari sebuah penilaian sepihak menurut kita bahwa ada beberapa orang yang tidak pantas kita kasihi dan ada beberapa makhluk yang harus kita musnahkan dari muka bumi akan tetapi Allah membiarkan mereka. Mungkin kita sering menyikapi tindakan jahat orang lain itu dengan AMARAH, dengan SERAPAH, dengan PENGHAKIMAN.
Disisi Allah Selalu ada ruang pengampunan bagi makhluk Allah yang mau bertaubat dan berubah, selalu ada sapa hangat Allah berupa sinar hangat mentari pagi hari tiba meskipun bagi mereka yang kesiangan terlambat berangkat bekerja.
Tidakkah kita mampu melihat? Allah mengajarkan kepada kita untuk menerima mereka dengan kasih dan dengan sayang. Bukan dengan AMARAH,SERAPAH,dan PENGHAKIMAN. Dengan pengajaran yang baik Allah tekun menunjuki manusia bagaimana mencintai dengan tulus. Biarkan berlalu SUNATULLOH, mereka bukanlah PENJAHAT akan tetapi mereka adalah orang yang melakukan tindakan JAHAT. Sudah Selayaknya kita mau menunjukan kepada mereka itu kasih dan sayang. Ajari mereka merekahkan senyum dibibir mereka, ajari mereka tertawa terbahak-bahak, ajari mereka terhanyut dalam keindahan sang pencipta, ajari mereka memaafkan. JANGAN AJARI mereka AMARAH, SERAPAH dan PENGHAKIMAN.
Mereka itu sama indahnya dengan ulat yang memakan habis dedaunan untuk berubah menjadi kepompong. Rawatlah semasa dia menjadi kepompong dengan kasih dan sayangmu agar dia mampu meretas menjadi seekor kupu-kupu yang tak lagi kau risaukan kehadirannya dikebun bungamu. Bagi beberapa manusia mereka terlahir tak menyenangkan, dikeluarga jalanan yang miskin mereka terlahir, di gang yang gelap penuh minuman keras mereka belajar, dan dipasar yang penuh dengan perampok mereka mencari makan. Mereka adalah beberapa orang yang biasa melakukan tindakan jahat. Jangan ajari mereka amarah, serapah dan penghakiman, ajari mereka cinta, kasih dan sayang.
Karena ditempat mereka mata dan telinga mereka tak mampu melihat dan mendengar dengan baik hal kasih dan sayang. Ubahlah panggilan kita terhadap orang yang biasa kita panggil penjahat dengan kata orang yang melakukan tindakan jahat, dan ubahlah perilaku mengajari mereka AMARAH, SERAPAH dan PENGHAKIMAN dengan pengajaran CINTA, KASIH dan SAYANG.
Semua itulah kaidah mencinta yang aku pahami dari kata Bismillahirohmanirohim.

Mengungkap Mistery jin, setan dan manusia Versi 2 complete

January 19, 2009

Sekilas dari judul diatas anda pasti langsung bisa menangkap apa yang hendak saya ungkap atas izin Allah tentang mitos jin, setan dan manusia.

Betul sekali, jin/setan yang mistis itu adalah mitos bohong, ini adalah pengungkapan terbaru yang saya temukan didalam Al-Quran yang perlu memperoleh ruang bagi pandangan anda terhadap sebuah mitos yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dunia. Beberapa kali saya telah menemukan sumber keterangan dari beberapa buku dan penulis tentang segala macam jin, setan dan manusia. Maksud dari saya membuat tulisan ini adalah untuk mencoba mengungkap sebuah kebenaran dari kitab yang saya anggap penting untuk disampaikan.

Beberapa jawaban yang saya minta dari sebuah pertanyaan “Tolong sebutkan macam-macam jin/setan yang anda ketahui!” adalah kuntilanak, gundruwo, pocong, buta ijo, jenglot, tuyul, sundel bolong, wewe gombel, mummy, drakula dan sebagainya.

Lalu jawaban dari pertanyaan berikutnya “Apakah jin dan setan termasuk hal ghaib?” jawabannya, betul, jin dan setan adalah termasuk hal ghaib.

Pertanyaan berikutnya, “Apakah maksud dari kata ghaib?” jawab, ghaib itu kasat mata contohnya jin, setan.

Pertanyaan berikutnya “Pernahkah anda menemukan sebuah keterangan terpercaya yang menyatakan bahwa contoh keterangan dari jin dan setan yang anda sebutkan didepan adalah 100% benar demikian? Atau anda memiliki kitab yang mengajarkan kepada anda demikian halnya? Jawab, kami belum pernah menemukan keterangan secara jelas tentang wujud jin dan setan berikut contohnya. Kami memperolehnya dari nenek moyang kami dan aliran kepercayaan leluhur.

Begitulah jawaban dari beberapa pertanyaan yang saya lontarkan kepada masyarakat awam yang bukan berasal dari pemuka-pemuka agama ataupun pemimpin agama. Alasannya adalah karena masyarakat awam jumlahnya lebih banyak dari pemuka-pemuka agama ataupun pemimpin agama, jadi kesimpulan akhir dari tulisan ini diharapkan mampu untuk mengingatkan, menyampaikan dan berbagi pengetahuan, sudahkah mayoritas masyarakat sudah paham tentang jin, setan dan manusia berdasarkan hukum yang jelas dan nyata dari Allah. Yang pertama yang akan saya ungkap lepas dari definisi apa itu ghaib adalah, mampukah seorang manusia biasa melihat hal ghaib? Sumber keterangan yang saya temukan pertama adalah didalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 59.

59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”

Dalam ayat diatas dijelaskan sebuah keterangan bahwa segala sesuatu yang ghaib itu hanya Allah yang mampu melihat/mengetahuinya.

Berikutnya ada didalam surat Al- Jin ayat 26-27 :

26. (Dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib, Maka dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.

27. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, Maka Sesungguhnya dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.

Satu lagi sebuah surat yang menerangkan sangat jelas sekali bahwa Allah mengetahui yang ghoib tetapi Dia tidak memperlihatkan yang ghoib itu kepada manusia melainkan hanya kepada seorang rosul. Jika ditarik sebuah kesimpulan logika sederhana dari sebuah konsep kebenaran maka akan didapat,

jika : Hanya Allah dan Rosul = bisa melihat hal ghoib,

maka selain Allah dan Rosul dia tidak bisa melihat hal ghoib.

Logika tersebut diatas adalah hasil dari kesimpulan keterangan-keterangan yang sangat jelas dari Al-quran maka patutlah orang-orang yang telah mengatakan mampu melihat hal ghoib itu berpikir 2 kali untuk mengatakan hal tersebut.

Pertanyaan besar pasti muncul dibenak anda yang merasa pernah bertemu dengan hal-hal ghoib menurut versi anda yang anda sebutkan didepan, apakah yang telah saya lihat?

Percaya atau tidak anda telah sering mendengar jawabannya. Bayangan yang sering anda lihat yang anda masukan kedalam definisi ghoib adalah hasil dari imajinasi otak manusia karena sebelumnya anda telah mendengar cerita dari seseorang/anda melihat karya imajinasi seseorang ditelevisi yang kemudian oleh otak anda akan dimasukan sebagai bentuk wujud dari jin/setan yang mengerikan. Otak manusia memang selalu saja menyimpan sebuah materi yang tidak pernah habis contohnya otak mampu membuat seseorang yang kakinya sedang sakit, lari secepat atlit marathon ketika dirinya sedang terancam bahaya/dikejar anjing. Otak manusia juga mampu membuat sugesti terhadap tubuh seseorang kebal terhadap senjata/penyakit. Contoh lain dari pernyataan diatas adalah jenis jin dan setan disuatu negeri berbeda dengan negeri lainnya. Orang indonesia tidak mampu mengguna-gunai orang luar negeri begitupula sebaliknya, karena kurangnya informasi menyebabkan otak manusia untuk lebih percaya bahwa dirinya akan baik-baik saja. Itulah sebabnya kenapa orang beriman jauh dari hal-hal semacam demikian.

Lalu apa itu setan?

Inilah bahasan penting yang hendak saya ungkap yang memungkinkan anda untuk menjawab pada beberapa kesempatan dibulan puasa ada orang yang kesurupan disekolah. Atau adanya bisikan jahat untuk berbuat jahat, mencuri, membunuh, berzina dan lain-lain dibulan puasa yang menurut beberapa keterangan padahal setan sedang dirantai dineraka dan tidak bisa kemana-mana pada bulan itu..

Sebenarnya dari sudut pandang manakah pernyataan tersebut bisa dipandang pas? Kenapa demikian?

Hal ini penting sekali untuk diungkap agar kita bisa mencapai rahasia suatu kebenaran. Dan untuk mencapai hal tersebut terkadang kita harus mampu menyesuaikan sudut pandang kita terhadap sesuatu apakah kalimat diatas termasuk dalam bahasa muhkam(jelas maknanya) atau mutasyabihat(perumpamaan). Untuk bisa menyimpulkannya secara nyata maka sayapun akan mencoba menyampaikan sebuah ayat yang nyata dan keterangan yang jelas tentang jin/setan apakah mereka sebuah sosok wujud fisik /material atau sebuah sosok karakter/imaterial dalam sebuah wadah manusia.

Surat Al-Baqarah ayat 208

208. Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Dalam keterangan diatas dijelaskan bahwa setan itu adalah musuh yang nyata = real = factual = bisa dilihat = bisa dibuktikan = menempati ruangan = memiliki berat/massa, seperti syarat kondisional agar sebuah benda bisa disebut kedalam definisi ”nyata” didalam ilmu pengetahuan. Jadi jelas sekali bahwa setan itu nyata dan bisa dilihat oleh manusia, berbeda dengan hal ghoib yang hanya bisa dilihat oleh Allah dan rosul.

Berikutnya didalam surat An-Nass ayat 4-6

4. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,

5. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

6. Dari (golongan) jin dan manusia.

Arti dari keterangan diatas adalah setan ada yang berasal dari golongan jin dan manusia atau bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa dari golongan manusia juga ada yang disebut didalam kitab-kitab Allah sebagai setan. Fakta ini didukung dan mendukung sebuah fakta lain bahwa pada bulan puasa kejahatan akibat bisikan setan masih berjalan. Bahkan kuantitas maupun kualitasnya semakin bertambah seperti kasus pencopetan, pencurian, perampokan, pembunuhan dan lain-lain.

Lalu bagaimana dengan jin?

Berikut keterangan yang sangat jelas dan tidak perlu diartikan lagi dalam surat Al-Fushsilat ayat 29 :

29. Dan orang-orang kafir berkata: “Ya Rabb kami perlihatkanlah kepada kami dua jenis orang yang Telah menyesatkan kami (yaitu) sebagian dari jinn dan manusia agar kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina”.

Percaya atau tidak musuh para nabi dan rosul dari zaman dahulu adalah sosok yang nyata dan bukan mistis, Muhammad musuhnya orang kafir quraisy dengan pimpinan abu jahal, Isa musuhnya Ahlul kitab(farisi&saduki) dan bangsa romawi dengan rajanya philatus dan herodes, Musa musuhnya adalah fir’aun, Daud musuhnya Goliath dan yang lain-lain lagi mereka semua adalah manusia hanya saja karakter mereka lebih cenderung kepada karakter setan. Apalah bedanya fir’aun dengan para penguasa sekarang yang menindas rakyat? Apakah pada saat ini tidak ada suatu kaum yang hidup yang sama persis dengan kaum nabi lut yang melampaui batas dengan menyukai sesama jenis(homoseksual)? Memang benar waktu itu selalu berganti, tapi karakter-karakter mereka akan terus hidup, begitupula dengan karakter-karakter hamba-hamba Allah yang lurus. Dan ingatlah bahwa pergantian suatu masa itu seperti pergantian malam dan siang. Keduanya selalu berganti dan memiliki ajalnya(batas waktu ex: plus minus 12jam malam dan 12 jam siang) sendiri. Begitulah ketetapan dari Allah didalam kitab yang manusia tidak mampu menolaknya jika masa waktunya sudah habis. Maka bersiaplah untuk digantikan. Semoga manusia mampu membuka diri terhadap suatu kebenaran dengan lapang.

Lalu contoh hal ghoib itu apa? Hari kiamat.

Dejavu?

August 24, 2008

Akhir-akhir ini aku sering bingung, satu tahun ini di bagian beberapa bulan terakhir aku sering mendapat keanehan dalam tidurku. Beberapa kali aku melakukan sesuatu yang sepertinya sudah pernah kulalui. Seperti sebuah kejutan listrik, memory itu masuk dan mengatakan dalam otakku ini bahwa setiap gerakan kedipan mata sampai kaki ini melangkah, itu semua sudah pernah kulakukan dalam mimpi… anehnya kalau memang aku sudah pernah melakukannya kenapa aku juga bisa melihat diriku sendiri?? Ketakutan mulai muncul dalam diriku, jika benar kejadian-kejadian yang pernahku lalui itu memang sudah terlihat sebelumnya didalam mimpi bagaimanakah aku bisa memastikan bahwa apabila terjadi suatu kejadian yang besar dalam mimpiku itu benar. Bagaimana jika dari beberapa mimpi itu adalah hasil dari pemikiran setelah nonton Film yang terbawa sampai tidur?

selalu ada 2 jawaban dan 2 kemungkinan yaitu, benar dan salah, kenyataan dan mimpi palsu… lalu pertanyaanya bagaimana menjelaskan suatu kejadian yang tepat terjadi sesuai dengan mimpi?? dejavu? kata orang-orang luar negeri ini adalah dejavu.

lalu adakah dalam buku petunjuk itu sebuah jawaban dari semua ini?

adakah sesuatu yang hendak ditunjukan kepadaku yang bodoh ini tentang masa depan sebelum semua terjadi agar aku bersiap-siap, belajar lebih tekun, banyak-banyak beribadah untuk bekal??

Seandainya saja aku bisa dan boleh bertanya langsung kepada Tuhan ada satu pertanyaan yang akan aku tanyakan. Kenapa seorang yang Hina dina yang Engkau pilih untuk menjadi khalifah dibumi? perbuatanku tak lebih baik dari seorang kafir dan ibadahku tak lebih baik dari seorang malaikat.

hanya mimpi dan keinginan untuk selalu menjadi lebih baik, satu-satunya yang aku miliki sebagai manusia di tubuh yang hina dina ini. Keinginan untuk mencari jawaban bagaimanakah caranya orang-orang sepertiku ini bisa selamat dari dunia yang penuh dengan kemunafikan ini. Karena ternyata telah kulihat banyak sekali orang sepertiku hidup dan diperbudak oleh ketidakmampuan mereka mencari jawaban itu. Adakah mimpi itu adalah jawaban dari semua pertanyaan ini??

jika aku mampu melihat suatu kejadian dalam mimpiku dan kusampaikan kepada mereka, apakah mereka akan mendengar?

Apakah akan terjadi suatu perubahan akan kejadian yang akan terjadi?

ini Anugerah atau apa sih??

Terbang??? kenapa tidak?

August 16, 2008

Sebuah rahasia kemampuan manusia sedikit lagi dan sedikit demi sedikit telah terungkap kembali. Sesuai sunatullohnya setelah kurang lebih 1000 tahun manusia hidup dijaman kebodohan maka maka Alloh-pun segera menepati janji-Nya kepada semua manusia. bahwa akan diturunkan kembali pemahaman itu menjelang hari kebangkitan. Sedikit demi sedikit saya tersadar, mulai dari ditumbuhkannya kemampuan menghafal Al-quran seayat demi seayat, kemampuan memanajemen diri sendiri dan orang-orang disekeliling, kemampuan memahami rahasia menggali potensi diri yang ada. Hari ini saya di sadarkankan kembali oleh ilmu Alloh. Subhanalloh… ternyata tidak ada yang benar- benar mustahil bagi manusia jika Alloh sudah berkehendak.

baru-baru ini saya membaca artikel di website bahwa kemampuan manusia untuk bisa melayang diudara seeperti superman itu telah bisa dijelaskan secara ilmiah oleh beberapa ilmuwan yang beberapa hari kemarin berkumpul di Bali, dalam kegiatannya mereka mencoba menjelaskan sebuah fenomena melawan gaya gravitasi yang bisa dilakukan oleh manusia menggunakan kemampuan otaknya. Peragaan melayang diudara dalam rangka membuktikan teori melawan gravitasi itu berhasil dilakukan oleh 6 orang secara langsung dan hasilnya walau beberapa detik saja mereka bisa melayang di udara.

dan ternyata hal ini merupakan sebuah proses ilmiah yang bisa dilakukan oleh manusia siapa saja, termasuk kita asal memahami teori fisika yang berlaku.

penjelasan dan logika secara fisika mengenai hal ini adalah sebagai berikut

”Keadaan seseorang dapat melayang di udara karena mengalami yang disebut transcendental meditation (TM). Dalam tubuh mereka telah terjadi kinerja otak yang koheren, sehingga dapat melayang,” ujar ahli TM Regianto. Ahli TM lainnya, I Wayan Sutrisna, menjelaskan bahwa fenomena tersebut sangat masuk akal dan dapat dijelaskan melalui teori fisika “Meissner Effect” atau teori tentang ketahanan dengan koherensi.

Dalam teori “Meisnner Effect”, terbukti elektron yang disorder atau tidak beraturan dapat dengan mudah ditembus medan magnet. Sedangkan elektron yang koheren, tidak dapat ditembus medan magnet.

“Inilah mengapa pikiran yang koheren dapat menangkal energi negatif dan tubuh kita bisa melayang di udara atau Yogic Flying,”



Dijelaskan, dengan TM seseorang akan memancarkan energi positif, yang secara tidak langsung merangsang zat seretonin dalam tubuh yang membantu menjadi bahagia. Dalam TM Sidi, melayangkan tubuh bukanlah tujuan utama, tetapi yang dikehendaki adalah keselarasan dalam berpikir dan kesehatan tubuh.

“Bahkan dampak positif tersebut tidak hanya dapat dirasakan orang yang bermeditasi tetapi juga oleh lingkungan sekitarnya”

begitulah teori melayang itu dijelaskan secara fisika, pertanyaan yang terbesit adalah bisakah anda terbang? apakah ada manfaatnya kita bisa terbang?

sungguh segala sesuatu milik Alloh itu tidak ada yang sia-sia.

ilmu ini adalah milik Alloh untuk kita semua, namun semua itu bisa bermanfaat jika semua orang telah memahami tujuan hidupnya yaitu untuk mengabdi kepada Alloh.

karena manusia tanpa iman hanyalah mayat hidup yang berjalan dengan hawa nafsunya.

sudah saatnya kita orang yang hendak beriman dijalan Alloh ini menjadi orang yang pertama dan utama didalam menemukan dan memanfaatkan ilmu Alloh untuk menjalankan sunah-Nya di muka bumi.

sungguh Alloh itu Maha Besar lagi Maha Luas PengetahuanNya.

Alhamdulillah.

counter
counter

Semut Juga Pengambil Keputusan yang Hebat

August 6, 2008
Semut pemotong daun punya kemampuan mengambil keputusan secara kolektif untuk menentukan ukuran mangsa yang harus diangkut.

Selasa, 8 Juli 2008 | 13:40 WIB

JAKARTA, SELASA – Selama ini semut diketahui sebagai makhluk sosial dan pintar. Jadi tak heran kalau semut menjadi pengambil keputusan yang andal. Koloni semut terbukti dapat mengambil keputusan dengan cepat saat berburu mangsa, tidak hanya menentukan jalur lalu lintas dari sumber makanan ke sarang. Ini tebukti saat iring-iringan awmut berhasil beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya saat iring-iringannya dihambat.

Untuk menguji kemampuan semut menghadapi masalah, Audrey Dussutour dan timnya dari Universitas Sydney, Australia, meletakkan lembaran plastik yang sangat dekat dengan permukaan jalur rombongan semut pemotong daun yang sedang mengangkut mangsa. Meski ruang di bawah lembaran plastik masih dapat dilalui semut, potongan daun mustahil melaluinya. Agar semut tidak mencari jalan memutar, jalur sekitarnya ditutup.

“Mengejutkan, kemacetan tidak terjadi karena semut-semut tersebut segera belajar untuk memotong-motong daun menjadi lebih kecil,” ujar Dussutour. Setelah 24 jam, semut tidak hanya memotong melainkan menggulungnya sehingga lebih mudah dibawa di bawah lapisan plastik yang terlalu sempit.

Hal tersebut menunjukkan bahwa semut benar-benar pengambil keputusan yang hebat. Mereka tidak hanya beradaptasi, namun mengembangkan strategi yang lebih baik. Para peneliti menyatakan, strategi tersebut mungkin dikembangkan dari proses yang disebut social fasilitation (kemudahan sosial).

Dalam hal ini, saat plastik menghalangi, beberapa ekor semut yang sebelumnya membawa daun ukuran besar akan memotong-motongnya agar sesuai dengan ukuran lorong dan tetap berada di dalam lorong. Sementara semut yang belum membawa daun akan bertemu dengannya dan mendapat informasi tersebut.

“Ibarat banyak orang makan es krim, lalu Anda ingin membelinya juga,” ujar Dussutour. Namun, untuk mengetahui bagaimana strategi mulai terbentuk, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Para peneliti harus melakukan pengamatan lebih lanjut kepada masing-masing individu, misalnya dengan menandainya menggunakan pewarna, untuk melihat proses pengambilan keputusan itu.
WAH
Sumber : NewScientist

Ikan dan Udang Tahan Hidup di Kedalaman 2.300 Meter

August 6, 2008
Senin, 4 Agustus 2008 | 16:04 WIB

JAKARTA, SENIN – Seekor ikan yang ditemukan di perairan Mid Atlantik Ridge di Samudra Atlantik sangat kuat karena dapat hidup di kedalaman hingga 2.300 meter. Tempat hidupnya tercatat sebagai rekor habitat terdalam bagi spesies ikan. Rekor terdalam yang pernah tercatat sebelumnya 1.400 meter.

“Pada kedalaman lebih dari 1.000 meter sulit menemukan hewan yang masih hidup,” ujar Dr Bruce Shilito, pakar biologi kelautan dari Universite Pierre di Marie Curie, Paris, Perancis, yang melakukan penelitian menumpang kapal Porquoi Pas milik Ifremer, lembaga riset kelautan Perancis. Selain karena tekanan yang sangat tinggi, di kedalaman tersebut sulit mendapatkan sinar Matahari.

Namun, ikan zoarcid (Pachycara saldanhai) ditemukan di dekat kawasan hangat di dasar laut. Di lokasi tersebut terdapat patahan yang menjadi jalur keluarnya gelembung-gelembung gas dari dalam perut Bumi.

Para peneliti berhasil menangkapnya dan membawa ikan tersebut ke permukaan laut dengan alat khusus yang dapat mengatur tekanan sekitarnya. Selain ikan, para peneliti juga mengambil spesimen udang Mirocaris fortunata dan Chorocaris chacei yang ditemukan pada kedalaman 1.700 meter serta Rimicaris exoculata dari kedalaman 2.300 meter.

Hewan-hewan tersebut sangat peka terhadap perubahan tekanan. Saat diangkut ke permukaan dengan wadah bertekanan tinggi, ikan dan udang masih aktif dan bergerak naik turun. Namun, pada tekanan atmosfer dalam beberapa saat ikan-ikan itu tewas.

Pada penelitian berikutnya, para peneliti Perancis itu akan mempelajari perilaku hewan-hewan yang aneh tersebut. Mereka akan menyiapkan kolam khusus pada ruangan bertekanan tinggi yang sesuai dengan habitatnya di alam.
WAH
Sumber : BBC

Kupu-kupu, Keunikan Tiada Tara

August 6, 2008

Kupu-kupu raja Troides hypolitus, kebanyakan dijumpai di Indonesia bagian barat dan Sulawesi, serta beberapa jenis berada di Maluku dan Papua.

Senin, 21 Juli 2008 | 09:42 WIB

TIDAKLAH berlebihan bila kupu-kupu dikatakan sebagai primadona di antara satwa avertebrata lainnya. Sayapnya yang indah dan menarik mampu memikat hati banyak orang. Susunan sisik serupa atap genteng pada sayap kupu-kupu memberi corak serta pola warna, dan ini merupakan dasar pemberian nama pada kelompok serangga ini, yaitu Lepidoptera.

Indonesia dianugerahi keragaman kupu-kupu yang berlimpah. Dari perkiraan 17.500 jenis kupu-kupu di dunia, tak kurang dari 1.600 jenis di antaranya tersebar di Indonesia. Kekayaan jumlah jenis ini hanya tertandingi oleh negara-negara tropis di Amerika Selatan, seperti Peru dan Brasil yang mempunyai sekitar 3.000 jenis.

Gambaran tentang keragaman dan kekayaan jenis kupu-kupu Indonesia dapat terlihat di sini. Spesimen kupu-kupu tersimpan dengan baik di Laboratorium Entomologi, Bidang Zoologi, Museum Zoologi Bogor, dan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Geografis mendukung

Keadaan geografis Indonesia sangat mendukung kekayaan khazanah flora dan fauna Nusantara, dengan pengaruh elemen Asia di kawasan barat, elemen Australia di kawasan timur, dan pengaruh kedua elemen di kawasan Wallacea.

Dari sekitar 1.600 jenis kupu-kupu ini, sebagian tersebar di seluruh Indonesia, sementara sebagian lainnya hanya dapat dijumpai di beberapa pulau tertentu.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keunikan dalam hal sebaran fauna, yang dikenal sebagai endemisitas. Tingkat endemisitas yang tinggi terlihat jelas sekali pada kupu-kupu Indonesia, yang mencapai lebih dari 35 persen dari total jumlah jenis yang menduduki peringkat pertama di dunia.

Peru, Brasil, dan negara-negara lain di Amerika Selatan hanya memiliki tingkat endemisitas kupu-kupu kurang dari 10 persen dari total jumlah jenisnya. Artinya, keunikan kupu-kupu Indonesia jauh melebihi negara-negara mana pun di dunia.

Sulawesi adalah pulau yang memiliki keunikan kupu-kupu tertinggi di Indonesia. Dari 557 jenis yang ada di sana, sebanyak 239 jenis (lebih dari 40 persen) merupakan jenis yang hanya dapat dijumpai di kawasan itu, contohnya Papilio blumei.

Kupu-kupu juga dijadikan simbol metamorfosis yang menakjubkan. Dalam perubahan fase kehidupan (telur-ulat-kepompong-kupu-kupu dewasa), sesungguhnya banyak satwa yang juga mengalami proses metamorfosis serupa, misalnya nyamuk, tawon, dan kumbang. Namun, karena keindahan wujud dewasanya yang sangat kontras dengan bentuk pradewasa, kupu-kupulah yang sering disorot. Dengan demikian, kupu-kupu sering menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi banyak orang.

Ancaman dan perlindungan

Seperti satwa lainnya, kupu-kupu juga menghadapi ancaman kelangkaan dan kepunahan, terutama disebabkan alih fungsi lahan dan habitatnya. Kebanyakan jenis kupu-kupu sangat bergantung pada satu atau dua jenis tumbuhan, yang umum disebut sebagai tanaman inang, sehingga ancaman terhadap jenis tumbuhan tersebut sama saja dengan mengancam keberadaan kupu-kupu.

Jika jenis kupu-kupu itu berperan sebagai penyerbuk tanaman buah atau tanaman potensial lainnya, hilangnya kupu-kupu akan berdampak negatif terhadap produksi tanaman tersebut. Keterkaitan kupu-kupu yang sangat erat dengan tanaman inangnya membuat usaha pelestarian habitat semakin diperlukan.

Dari sekian banyak jenis kupu-kupu di Indonesia, ada 19 jenis yang telah dimasukkan ke dalam daftar jenis satwa yang dilindungi di Indonesia, yaitu Cethosia myrina yang dikenal sebagai kupu-kupu sayap renda dan hanya dijumpai di Sulawesi, Trogonoptera brookiana yang dikenal sebagai kupu-kupu raja Brooke yang dijumpai di Sumatera dan Kalimantan.

Enam jenis kupu-kupu dari marga Ornithoptera yang dikenal sebagai kupu-kupu sayap burung dijumpai di Maluku dan Papua. Adapun 11 jenis kupu-kupu dari marga Troides yang dikenal sebagai kupu-kupu raja (contohnya Troides hypolitus), kebanyakan dijumpai di Indonesia bagian barat dan Sulawesi, serta beberapa jenis berada di Maluku dan Papua.

Masih banyak lagi jenis kupu-kupu yang layak mendapatkan status perlindungan karena berbagai ancaman yang dihadapi. Sebagai contoh, kupu-kupu sayap burung Ornithoptera aesacus yang hanya ditemukan di Pulau Obi dan kupu-kupu sayap burung Ornithoptera croesus yang hanya ditemukan di pulau-pulau di Maluku Utara, perlu segera mendapat perhatian dan perlindungan.

Temuan jenis baru

Kupu-kupu telah menarik perhatian banyak orang sejak lama sehingga kegiatan eksplorasi pengumpulan berbagai jenis kupu-kupu juga telah dilakukan di berbagai belahan Bumi, termasuk di kawasan Nusantara. Saat ini tidak terlalu banyak ditemukan kupu-kupu jenis baru, tetapi tidak tertutup kemungkinan ditemukannya jenis-jenis baru dari pelosok Nusantara.

Selain temuan jenis baru sebagai rekaman sejarah, penggalian potensi kupu-kupu juga harus terus dilakukan. Kontribusi kupu-kupu terhadap kemajuan ilmu medis terbilang cukup signifikan. Demikian besar potensi dan pesona kupu-kupu Indonesia sehingga kita selayaknya memberi ruang bagi kelangsungan hidup mereka.

Penulis: Djunijanti Peggie MSc, PhD, Peneliti kupu-kupu di Bidang Zoologi (Museum Zoologi Bogor), Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Sumber : Kompas

Here the lifes

July 21, 2008

Contohlah Semut

July 21, 2008

Volcano

July 21, 2008