Maafkanlah musuhmu sekalipun dia ingin membunuhmu


Muhammad Rosululloh pernah menunjukan kepada kita bagaimanakah seorang muslim bertingkah laku agar tercipta akhlaqul karimah, beliau begitu sabar menunjukannya kepada kita satu persatu sampai dengan akhir hidupnya didunia yang sementara ini.
dahulu beliau adalah sosok orang yang paling dibenci oleh kafir mekah, bahkan tak ayal, batu bahkan kotoran mendarat diwajah atau tubuhnya… kalau kita diperlakukan seperti beliau apakah kita sanggup? bayangkan jika anda hidup ditengah-tengah orang kafir dan anda harus mengatakan suatu kebenaran dari Allah,…

namun akan aku katakan kepada anda sekalian, bahwa sesungguhnya apa yang kita lihat buruk itu bukan berarti salah menurut Allah… dan apa yang kita lihat itu baik belum tentu benar menurut Allah..

dikalangan kafir mekah Muhammad rosululloh adalah sosok yang paling dicari dan dibenci, kenapa?
karena sungguh mereka melihat rosul itu bukan menurut kebenaran dari Allah, mereka melihatnya berdasarkan kebenaran kebanyakan mereka, padahal pada saat itu sungguh pencurian, pembunuhan, pemerkosaan adalah suatu hal yang benar bagi kafir mekah, walaupun mereka memiliki undang-undang negara, namun dalam hati mereka perbuatan yang seperti itu adalah hal yang lumrah untuk memenuhi hawa nafsu dan tujuan mereka masing-masing. bahkan hukum hanyalah sekedar lembaran kertas tak bernilai. Kekuasaan-lah yang menentukan kebenaran, yang besar mengatakan salah kepada yang kecil dan yang paling banyak, mereka mengatakan yang paling benar itu yang banyak diikuti oleh orang, padahal sungguh yang paling benar itu adalah milik Alloh dan Alloh sendiri pernah berfirman bahwa sungguh manusia itu mereka tempatnya salah san lupa.

Rosul melihat hal itu tidak benar berdasarkan kebenaran daari Allah, namun apakah beliau semata-mata langsung mencaci mereka kaum kafir mekah yang kerjaannya mencaci dan melempari beliau dengan batu dan kotoran???
tidak, sekali lagi tidak pernah seorang rosul itu membenci orang yang tidak mengerti, bahkan beliau memohonkan ampunan bagi mereka dan terus-menerus tanpa kenal lelah dilempar, dicaci bahkan hendak dibunuh, beliau tetap mendoakan mereka dan menyampaikan kebenaran itu kepada mereka,… sungguh tidaklah mudah dan tidaklah sebentar waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan daripada Rosululloh itu, yaitu menyampaikan kebenaran kepada mereka yang belum mengerti.
namun demikianlah ketetapan dari Alloh, sesungguhnya mereka yang telah mengatakan beriman kepada Alloh maka Alloh akan menguji keimanan mereka sesuai dengan apa yang telah mereka ucapkan,… dan sesungguhnya hanya hamba Alloh yang ikhlas-lah yang tak akan pernah bisa dibujuk oleh setan. Dan Alloh telah menetapkan bahwa Alloh dan rosulnya pasti akan menang…
maka apalah artinya lagi kita hidup jika kita tidak mau mengabdi kepada Alloh dan tidak mau mengikuti Rosul?? bukankah dalam diri rosululloh itu terdapat suritauladan yang baik?
lalu mengapa kita tidak mencontoh perilaku beliau??
kenapa orang saling membenci?
kenapa orang saling memusuhi?
kenapa orang berdosa saling menghakimi orang berdosa yang lain?
kenapa orang miskin kamu tindas dan km terlantarkan?
kenapa orang kaya kamu elu-elukan?
dan kenapa km mengabdikan dirimu kepada seluruh keinginanmu memnuhi kebutuhanmu didunia ini?

kenapa km mengatakan iman kepada Alloh namun kamu tidak takut berbuat dosa??
kenapa km mengatakan iman kepada Rosul namun kamu takut ditimpa kesusahan sepertinya?
kenapa km menilai kesalahan orang lain sedangkan selumbar kayu dimatamu itu tidak km indahkan??

begitukah caramu manusia hidup?
atau ada cara yang telah diajarkan oleh Allah dalam kitab-kitabNya untuk km berbuat benar?

sungguh semua yang telah aku katakan semata-mata ditujukan tidak lain hanyalah untuk mengingatkan diriku sendiri dan orang-orang yang telah merasa mengaku dirinya beriman kepada Alloh dan rosul-Nya, sudahkah kita menjadi manusia yang benar??

atau sudahkah kita mampu melihat, peduli dan memperbaiki kondisi sekarang yang tidak lebih baik dari kondisi pada saat Rosululloh masih hidup?
beruntunglah bagi mereka yang selalu merasa kekurangan ilmu dan selalu bersyukur atas seberapapun nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya.

semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada mereka yang selalu tunduk dan patuh kepada Perintah-Nya, Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: